Follow Us @soratemplates

2 Feb 2018

TUTORIAL NAIK MOTOR BEBEK

Assalamualaikum wr. Wb.

Hohalohaaa temen-temen!
Kali ini gatau karena kesambet apa aku mau share tutorial cara naik motor bebek nih J

Mungkin kesambetnya gara-gara mau PKL sih ya da ada juga temen aku yang request posting beginian grgr dia gabisa naik motor bebek dan kebetulan ada-nya motor bebek di daerah PKL-nya xD

Nah yang namanya PKL itu mau gamau kita harus terjun ke medan yang sangat tidak diharapkan kan kadang kan dan tidak bisa kita hindari kita harus melewati medan itu demi tugas mulia PKL.

Apalagi buat cewek-cewek. Masa sih kita harus selamanya mbonceng mulu kerjaannya. Okesih ga masalah kalo diboncengin sama-sama cewek. Tapi kan ga jarang juga dapet jatah keboncengan mbonceng cowok yang katanya sih hampir semua cowok bisa naik motor dan mereka strong buat ngendarain motor apapun itu. Matic? Gampang. Bebek? Bisa. Kopling? Ga masalah. Dan banyak juga kisah-kisah cinta bermekaran berawal dari boncang membonceng motor ini. Entah karena emang yaudah pasrah terima takdir dibonceng sama akhi X kemudian tumbuh benih-benih cinta sama ukhti Y terus berlanjut sama saling perhatian. Akhirnya berjalan lah hubungan mereka. Eh kok hubungan. Maksud aku, berjalanlah motor mereka ke tempat pengabdian PKL. Dan pada saat perjalanan itu, ya misal ada rem mendadak atau ada jeglungan yang yaampun.. you know dah.

*Ini pa ya kok aku menulis kegini, kan aku jomblo -_-*

Oke.. Back to main topic! Haha.

Jadi di tutorial kali ini aku bakalan share cara aku mengendarai motor jenis bebek yang biasanya aku pakai merek SUPR*X. Body motornya bisa dibilang oke. Jadi fleksibel gitu buat dikendarain baik buat cewek dan cowok soalnya body-nya itu pas. Ga kegedean juga ga kekecilan. Nih gambarnya…


Gambar 1. Motor yang nemenin aku muter2 Purwokerto dan sekolah SMA dulu J

Eh sebelum masuk ke tutorialnya gimana, aku bakalan share dan ngasi tau bagian-bagian dasar dari motor bebek itu sendiri :

1.             Letak kunci dan tombol ON


Gambar 2. Letak Kunci

2.             Starter motor
Double starter (tangan) dan Kick starter (kaki)

Gambar 3. Kick starter (kaki) yang paling kanan (dari pembaca) yang bentuknya pating mlengkuer

3.             Lampu indicator gigi
Lampu netral biasanya warna HIJAU that means gigi ada di posisi netral

Gambar 4. Kalo kamu perhatikan ada huruf N dan angka 1234 horizontal

4.             Handle buat ngatur kecepatan

Gambar 5. Handel. Maaf yaa itu yang buat pegangan tangan sebelah kanan KETUTUPAN HELM xD

5.             Pedal dari persneling/ gigi di kaki kiri

Gambar 6. Pedal buat naik turun gigi
(PALING KIRI –dari pembaca- : Naikin gigi dan PALING KANAN –dari pembaca- : Nurunin gigi)

Menurutku itu sih bagian-bagian krusial yang mesti kamu tau sebelum turun ke lapangan pake motor. Cara-caranya langsung aja cuss yah disini :

1.             Pertama dan pertama banget adalah kamu memposisikan dirimu rileks dulu dan bilang dalam hati “gampang kok gampang, pasti aq bisaaa”

2.             Kedua, colokin kunci motor ke tempatnya dan diputer ke kanan (berapa kali muternya sampe bunyi klik tergantung jenis motornya sih pokonya sampe lampu indicator ON yang warna hijau itu nyala)

3.             Starter atau nyalain mesin motor.
Nah di starter ini ada 2 caranya temen-temen. Kita bahas satu2 disini :
1.      Double starter (kanan)
Kalo di motor yang biasa aku pake sih warna kuning. Itu tinggal dipencet aja. Terus mesin motor bisa langsung nyala deh.
2.      Kick starter (kaki)
Ini susah. Gilaaaa aku gabisa wkwk. Eh kadang bisa sih. Atau bisa disebut hoki-hokian soalnya dibutuhin tenaga ekstra dan timing  yang pas. Caranya adalah dengan kamu nginjek satunya pedal tapi yang disebelah kanan (di bagian kaki kanan) *maapin we gatau namanya. Nah itu diinjek sampe bunyi ‘brum bruuum (bunyi motor). Kalo masih ga nyala, injek terusss wkwkw.

4.       Habis mesin motor nyala, hal yang harus kamu lakukan adalah mempertahankan bunyi mesin itu dengan menggerakkan handle buat ngatur kecepatan itu pelan-pelan ke arah dalam TAPI INGAT PASTIKAN LAMPU INDIKATOR WARNA IJO, BUKAN DI OREN2 TEMPAT LAMPU-NYA GIGI, KALO IYA BISA NGLUNJAK DULUAN ITU MOTOR NINGGALIN KAMU YANG MASIH AMATIR. APALGI KALO SAKING HISTERIS TERUS PANIK TERUS GA SENGAJA GERAKIN HANDLE NYA MAKIN KENCENG KE DALEM, WADUW BERABE L

5.       Nah setelah kira-kira mesin udah mayan panas mulailah kita main gigi nihhh. Siap-siap yaaa..

6.      Masukan gigi 1. Caranya adalah dengan nginjek pedal kiri satu kali di injekan yang didepan yang mbuat lampu indicator nyala di angka 1. Nah itu berate kamu ada di gigi 1 gaes!

7.       Biar motor bisa jalan, putar ke dalam ntu handle nya PELAN-PELAN sampai kamu akan merasakan damai dan sejahtera-nya njalanin naik motor bebek mencoba gigi 1 ini.

8.        OHYA GAES. Sebelumnya kamu juga harus tau di kecepatan berapa (liat speedometer) untuk kategori per gigi . Sebenernya sih untuk kecepatan sekian di gigi sekian itu berdasarkan feeling aja sih kalo aku. Jadi kata ayahku, baru mule ya gigi 1, nanti kalo udah 10 meter, naik ke gigi 2. Kalo udah mule ga enak (kaya rasa granjel granjel mesinnya) naikin ke gigi 3. Finally ketika jalan yang udah kamu hadapi adalah lurus dan kamu mau banter, naikin sampe pol ke gigi 4.

Tapi sih btw aku sercing ternyata ada kecepatan tertentu gaes (bisa buat pelajaran aku juga hehe), ini dia :
Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam : Gigi satu
Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam : Gigi dua
Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam : Gigi tiga
Rentang kecepatan 60 - maksimal : Gigi empat

9.             Nah lanjut ya. Tadi kan kita udah sampe gigi 1. Nah gimana caranya buat naikin gigi. Caranya adalah (ini sama aja mau naikin atau turunin gigi) dengan : mengendorkan handle ke arah depan (sampe agak pelan jalan motornya) then injek pedal kiri [KALO MAU NAIKIN GIGI : INJEK YANG DEPAN & KALO NURUNIN GIGI : INJEK BELAKANG]. Yang penting KENDORIN HANDLE TIAP KALI MAU NAIK ATAU TURUNIN GIGI

10.         Nah udah sih J tinggal main handle itu, yang penting stabil yaaa sesuai ini tadi (kukopas lagi nhi)
Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam : Gigi satu
Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam : Gigi dua
Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam : Gigi tiga
Rentang kecepatan 60 - maksimal : Gigi empat

11.        Cara terakhir adalah gimana caranya memberhentikan motor bebek adalah caranya dengan menurunkan satu persatu gigi gitu sampe NETRAL yang warna ijo-ijo ntu.

12.         Nah kan kalo udah sampe lampu indikatornya nyala ijo yang artinya NETRAL itu motor ga bakal bisa maju walopun kamu tarik ke dalam ntu starter kecepatannya.

13.         Terus kamu matiin deh mesin motornya dengan cara muter kunci ke kiri sampe lampu nya nyala. Yang penting sampe posisi LOCK lah. Motor-motor jenis sekarang itu kayanya 2x deh muter kunci nya ke arah kiri biar aman (inilah yang disebut kunci stang gitu kali ya).

Yang mesti dipikir adalah kamu ga perlu takut kalo kamu bakalan ga seimbang. SEIMBANG KOK GAESS. Itu kalo udah di-gas (starter) motornya udah maju, insyaAllah ga bakal oleng-oleng lagi ASAL KAMU MENEMPATKAN KAKIMU DI PIJAKAN YANG SEHARUSNYA ITU YANG UDAH DISEDIAKAN) dan POSITIVE THINKING J

Nah sekian share tutorial naik motor bebek dari aku. Semoga bermanfaat yaaa! Dan cepet2 bisa naik motor bebek ya temen aq nhi wkwkw biar selamat dari masala2 cinta dari bonceng membonceng #eh:p

2 komentar: