Assalamualaikum wr. Wb.
Hohalohaaa temen-temen!
Kali ini gatau karena kesambet apa aku mau
share tutorial cara naik motor bebek nih J
Mungkin kesambetnya gara-gara mau PKL sih ya
da ada juga temen aku yang request posting beginian grgr dia gabisa naik motor
bebek dan kebetulan ada-nya motor bebek di daerah PKL-nya xD
Nah yang namanya PKL itu mau gamau kita
harus terjun ke medan yang sangat tidak diharapkan kan kadang kan dan tidak
bisa kita hindari kita harus melewati medan itu demi tugas mulia PKL.
Apalagi buat cewek-cewek. Masa sih kita
harus selamanya mbonceng mulu kerjaannya. Okesih ga masalah kalo diboncengin sama-sama
cewek. Tapi kan ga jarang juga dapet jatah keboncengan mbonceng cowok yang
katanya sih hampir semua cowok bisa naik motor dan mereka strong buat
ngendarain motor apapun itu. Matic? Gampang. Bebek? Bisa. Kopling? Ga masalah. Dan
banyak juga kisah-kisah cinta bermekaran berawal dari boncang membonceng motor
ini. Entah karena emang yaudah pasrah terima takdir dibonceng sama akhi X
kemudian tumbuh benih-benih cinta sama ukhti Y terus berlanjut sama saling
perhatian. Akhirnya berjalan lah hubungan mereka. Eh kok hubungan. Maksud aku, berjalanlah
motor mereka ke tempat pengabdian PKL. Dan pada saat perjalanan itu, ya misal ada
rem mendadak atau ada jeglungan yang yaampun.. you know dah.
*Ini pa ya kok aku menulis kegini, kan aku
jomblo -_-*
Oke.. Back to main topic! Haha.
Jadi di tutorial kali ini aku bakalan share
cara aku mengendarai motor jenis bebek yang biasanya aku pakai merek SUPR*X.
Body motornya bisa dibilang oke. Jadi fleksibel gitu buat dikendarain baik buat
cewek dan cowok soalnya body-nya itu pas. Ga kegedean juga ga kekecilan. Nih
gambarnya…
Gambar
1. Motor yang nemenin aku muter2 Purwokerto dan sekolah SMA dulu J
1.
Letak kunci dan tombol ON
2.
Starter motor
Double starter (tangan) dan Kick starter (kaki)
Gambar
3. Kick starter (kaki) yang paling kanan (dari pembaca) yang bentuknya pating mlengkuer
3.
Lampu indicator gigi
Lampu netral biasanya warna HIJAU that means gigi ada di posisi
netral
4.
Handle buat ngatur kecepatan
5.
Pedal dari persneling/ gigi di kaki kiri
(PALING
KIRI –dari pembaca- : Naikin gigi dan PALING KANAN –dari pembaca- : Nurunin gigi)
Menurutku itu sih bagian-bagian krusial yang
mesti kamu tau sebelum turun ke lapangan pake motor. Cara-caranya langsung aja
cuss yah disini :
1.
Pertama dan pertama banget adalah kamu memposisikan dirimu
rileks dulu dan bilang dalam hati “gampang kok gampang, pasti aq bisaaa”
2.
Kedua, colokin kunci motor ke tempatnya dan diputer ke kanan (berapa
kali muternya sampe bunyi klik tergantung jenis motornya sih pokonya sampe
lampu indicator ON yang warna hijau itu nyala)
3.
Starter atau nyalain mesin motor.
Nah di starter ini ada 2 caranya temen-temen. Kita bahas satu2
disini :
1.
Double starter (kanan)
Kalo di motor yang biasa aku pake sih warna kuning. Itu tinggal
dipencet aja. Terus mesin motor bisa langsung nyala deh.
2.
Kick starter (kaki)
Ini susah. Gilaaaa aku gabisa wkwk. Eh kadang bisa sih. Atau
bisa disebut hoki-hokian soalnya dibutuhin tenaga ekstra dan timing yang pas. Caranya adalah dengan kamu nginjek satunya
pedal tapi yang disebelah kanan (di bagian kaki kanan) *maapin we gatau
namanya. Nah itu diinjek sampe bunyi ‘brum bruuum (bunyi motor). Kalo masih ga
nyala, injek terusss wkwkw.
4. Habis mesin motor nyala, hal yang harus kamu lakukan adalah
mempertahankan bunyi mesin itu dengan menggerakkan handle buat ngatur kecepatan
itu pelan-pelan ke arah dalam TAPI INGAT PASTIKAN LAMPU INDIKATOR WARNA IJO,
BUKAN DI OREN2 TEMPAT LAMPU-NYA GIGI, KALO IYA BISA NGLUNJAK DULUAN ITU MOTOR
NINGGALIN KAMU YANG MASIH AMATIR. APALGI KALO SAKING HISTERIS TERUS PANIK TERUS
GA SENGAJA GERAKIN HANDLE NYA MAKIN KENCENG KE DALEM, WADUW BERABE L
5. Nah setelah kira-kira mesin udah mayan panas mulailah kita main
gigi nihhh. Siap-siap yaaa..
6. Masukan gigi 1. Caranya adalah dengan nginjek pedal kiri satu
kali di injekan yang didepan yang mbuat lampu indicator nyala di angka 1. Nah
itu berate kamu ada di gigi 1 gaes!
7. Biar motor bisa jalan, putar ke dalam ntu handle nya PELAN-PELAN
sampai kamu akan merasakan damai dan sejahtera-nya njalanin naik motor bebek mencoba
gigi 1 ini.
8. OHYA GAES. Sebelumnya kamu juga harus tau di kecepatan berapa
(liat speedometer) untuk kategori per gigi . Sebenernya sih untuk kecepatan
sekian di gigi sekian itu berdasarkan feeling aja sih kalo aku. Jadi kata
ayahku, baru mule ya gigi 1, nanti kalo udah 10 meter, naik ke gigi 2. Kalo
udah mule ga enak (kaya rasa granjel granjel mesinnya) naikin ke gigi 3.
Finally ketika jalan yang udah kamu hadapi adalah lurus dan kamu mau banter,
naikin sampe pol ke gigi 4.
Tapi sih btw aku sercing ternyata ada kecepatan tertentu gaes (bisa
buat pelajaran aku juga hehe), ini dia :
Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam
: Gigi satu
Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam
: Gigi dua
Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam
: Gigi tiga
Rentang kecepatan 60 - maksimal : Gigi empat
9.
Nah lanjut ya. Tadi kan kita udah sampe gigi 1. Nah gimana
caranya buat naikin gigi. Caranya adalah (ini sama aja mau naikin atau turunin
gigi) dengan : mengendorkan handle ke arah depan (sampe agak pelan jalan
motornya) then injek pedal kiri [KALO MAU NAIKIN GIGI : INJEK YANG DEPAN &
KALO NURUNIN GIGI : INJEK BELAKANG]. Yang penting KENDORIN HANDLE TIAP KALI MAU
NAIK ATAU TURUNIN GIGI
10.
Nah udah sih J tinggal main handle itu, yang penting stabil yaaa sesuai ini
tadi (kukopas lagi nhi)
Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam
: Gigi satu
Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam
: Gigi dua
Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam
: Gigi tiga
Rentang kecepatan 60 - maksimal : Gigi empat
11.
Cara terakhir adalah gimana caranya memberhentikan motor bebek
adalah caranya dengan menurunkan satu persatu gigi gitu sampe NETRAL yang warna
ijo-ijo ntu.
12.
Nah kan kalo udah sampe lampu indikatornya nyala ijo yang
artinya NETRAL itu motor ga bakal bisa maju walopun kamu tarik ke dalam ntu starter
kecepatannya.
13.
Terus kamu matiin deh mesin motornya dengan cara muter kunci ke
kiri sampe lampu nya nyala. Yang penting sampe posisi LOCK lah. Motor-motor
jenis sekarang itu kayanya 2x deh muter kunci nya ke arah kiri biar aman (inilah
yang disebut kunci stang gitu kali ya).
Yang mesti dipikir adalah kamu ga perlu
takut kalo kamu bakalan ga seimbang. SEIMBANG KOK GAESS. Itu kalo udah di-gas
(starter) motornya udah maju, insyaAllah ga bakal oleng-oleng lagi ASAL KAMU
MENEMPATKAN KAKIMU DI PIJAKAN YANG SEHARUSNYA ITU YANG UDAH DISEDIAKAN) dan
POSITIVE THINKING J
Nah sekian share tutorial naik motor bebek
dari aku. Semoga bermanfaat yaaa! Dan cepet2 bisa naik motor bebek ya temen aq nhi
wkwkw biar selamat dari masala2 cinta dari bonceng membonceng #eh:p
Ngeremnya kayaknya belum deh wkwk
BalasHapusLucu. Hahaha😂
BalasHapus