Follow Us @soratemplates

10 Feb 2018

Tips Menghilangkan Stress Statistika ala Statistisi

Assalamualaikum wr. wb



Gambar. Tips Menghilangkan Stress Statistika Ala Statistisi

Hai hai pejuang rindu dimanapun kalian berada!

Eh. Pejuang deretan angka yang tak bertepi namun tak patut untuk dirindukan karena begitu pusyangnya terus menerus bertatap dengan deretan angka, logika dan rumus tiap hari which means buat mahasiswa statistika dimanapun kalian berada!

Etapi cung dulu geh. Siapa yang kesini gara-gara kalian lagi stress-nya menghadapi kurva dan persamaan matematis tsb yang tak kunjung habis? Here I am. Got yaaaa!

*walopun jane ada yang kesini emang karena kurang kerjaan ngeklik link stori WA w

Ngomong-ngomongin tentang jurusan statistika nih [dan exactly tulisan ini bisa jadi poin penting banget mengingat hampir semua jurusan pasti ada mata kuliah nyempil satu yang dikebut “cuma” jadi 1 semester yaitu STATISTIKA; dimana kami sebagai mahasiswa statistika bahkan harus mempelajari itu semua selama bertaun-taun], statistika itu adalah ilmu tentang pengumpulan, penyajian dan pengolahan data. Orang-orang menyebutnya, statistika itu adalah anaknya matematika.

Loh kok bisa?
Iya. La wong sama-sama ngitung.
Masak sih..
Ya engga lah. Hehe.

Emang sih banyak yang bilang kalo statistika itu anaknya ilmu matematika. Ilmu matematika dipakai secara praktikal di statistika. Tapi kalo teori nya secara keseluruhan itu di matematika. Apalagi dari SD SMP SMA udah lengket banget mah sama matematika. Alhasil ilmu statistika kemudian dideket-deketin tuh sama ilmu matematika. Ditambah yang namanya statistika ini baru dikenalkan disub-bagian waktu kita belajar matematika di SMA gitu ye kan (meskipun itu cuma kulit ari statistikanya doang).

Mathematics is not about numbers, equations, computations or algorithms: it is about UNDERSTANDING. ~William Paul Thurston

Ilmu statistika sama matematika itu beda loh!
Bedanya? Pernah denger ilmu eksak/ ilmu pasti kan? Nah itulah ilmu matematika. Gimana kalo yang namanya statistika. Ilmu statistika sendiri itu ilmu peluang, gaes! Contoh simpelnya, kalau di ilmu matematika, 5-1=4. Ya kan? Beda mah kalo diterapkan di ilmu statistika. Gabisa langsung tau-tau ketemu 4. Tapi harus pake uji hipotesis. Gini :

Soal : Apakah 5-1=4?
Jawab :
Hipotesis :
H0 : 5-1=4 (4 adalah jawaban yang benar)
H1 : 5-14 (4 adalah jawaban yang salah)
Statistik Uji (biasanya disini pake rumus. Njlimet engga nya gausa ditanya ya…)
Keputusan : Gagal tolak H0
Kesimpulan : Dengan tingkat kepercayaan 95%, ternyata tidak terdapat cukup bukti bahwa 5-14 sehingga jawabannya adalah 4.

Nah itu dia. Jadi ga bisa langsung tau-tau ketemu 4. Tapi hayo loh. Sapa yang senyam senyum gara-gara liat cara jawabnya yang diwolak-walik haha. Atau senyam senyum meratapi tindak tanduk yang harus dilakukan untuk pake uji hipotesis di tiap penentuan mode yang ditemui?

Nay. Jangan sedih gaes. Karena mimin juga gituuuuuu! Sebagai mahasiswa statistika meratapi keilmuan yang begitu kompleks ini (ㅠ_ㅠ)

Nonono! Jangan! Sekarang udah bukan jamannya meratapi pilihan dan keputusan Allah buat njadiin kita statistisi. Tau ga si bahkan ada yang bilang kalau statistisi (pekerjaan di bidang statistika) itu adalah the sexiest job! Jadi bukan jaman-nya lagi men, korang pada menyesal mempelajari mata kuliah ini.

Tapi ngomong-ngomong.. Namanya manusia sih wajar gitu yak kalo lagi khilaf. Bahkan terkadang saking umeb-nya (baca matang), kita sampe udah kaya lupa semua materi yang dikasih barusan sama dosen. Weh berabe tau kalo ke-zonk-an ini terbawa dalam tugas kita sebagai peng-analisis data. Waktu kuliah udah pernah diajarin nanti perilaku data bakalan beda-beda mau pas disajiin di tahun yang sama atau tahun berurutan. Belum lagi mikirin asumsi yang menarik di masing-masing model.

Pusing yaaaaaaaa hahahahahahahhahaa.

Tapi beneran geh. Mau kamu menghindari kemanapun yang namanya ilmu statistika udah jadi kaya momok meskipun kamu kuliah di jurusan Teknik sekalipun!

Jadi pada kesempatan kali ini, aku mau meluluskan keinginan temen-temen yang pengen tau caranya menahan kestresan dalam memahami ilmu statistika (meskipun we sendiri somehow cant handle it! lol)

1. Genjot terus bang kalo gagal!

Stress itu muncul ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan realita. Atau ada gap gitu antara mereka semua sehingga menimbulkan masalah yang kalau dibiarin makin lama bisa makin kompleks. Dan bahaya! Hm.. Secara kan kita masih muda, (maha)siswa gitu loh. Jangan sampai ilmu statistika ini merenggut masa muda kalen gaes L

If at first you don’t succeed, try TWO MORE TIMES so that your failure is statistically significant.

Siapa bilang kamu doang yang pusing? Ada banyak teman-teman dan jutaan makhluk sejenis kamu di dunia ini (baca. manusia) sedang pusing berkeliling memikirkan ilmu statistika ini, yah mungkin terkait model penelitian yang digunakan atau karena hal lain. Terus pada saat ditentukan model, bisa aja kan hasilnya malah ga signifikan/ ga sesuai dengan yang diharapkan. Well. Mereka ga gagal gaes! Believe me!  Mungkin ada asumsi yang kelewat. Atau missal kesalahan teknis. Keunikan data kek. Ya pokonya HARUS DITELISIK TERUS INI MODEL KENAPA GA SIGNIFIKAN? Bukan berati gagal gaes. Semua itu butuh proses. Kalem ae.

Makanya.. Genjot terus bang! *sambil bayangin genjot becak._.

2. Cintai Statistika!

Waduh berat! Cinta ke benda hidup aja boro-boro lah ini disuruh cinta sama benda mati. Tak kasat mata lagi!

Yakali bukan gitu gaes. Kebanyakan orang ga nyaman sama statistika karena dia ga cinta gitu kan sama statistika. Dia ga nyaman. Akhirnya berujung pada masalah yang menyebabkan stress. Coba deh telisik lagi kedalam lubuk hatimu.  Tanyakan pada dirimu, apakah statistika ini adalah sudah sesuai atau belum sama passion-mu? Sama kesenenganmu? Belum.

Jangan takut gaes!
Pernah denger kan pepatah Jawa yang bunyi-nya gini “witing tresno jalaran saka kulina”. Itu berlaku juga loh di kalo kamu belajar statistika! Jadi gini. "Witing tresno jalaran saka sinau" #maksa

Pada awalnya emang kaya abstrak gitu. Tapi semakin tinggi ilmu yang kamu dapat, bayangan dan sense of data kamu bakalan berangsur-angsur jadi naik dan akhirnya benih-benih cinta sama statistika mulai tumbuh. Ga percaya? Buktikan! Yaitu dengan let it flow aja uda lah sama statistika yang ibaratnya kita makan hampir setiap hari. Niscaya, rasa apatis kamu terhadap statistika akan perlahan-lahan memudar. Jadi biasa aja. Kemudian jadi suka. Lanjut cinta. Terus ga berselang lama, menjalin hubungan. Hingga sampai akhirnya, lama-lama ke pelaminan deh. Nikah. Yeay!

Iya nikah maksudnya menyatu dengan data loh. Dasar baper! Haha

3. Cicil! Tapi jangan mencicil!

Ebuset apaan dah.

Jelasnya, sub poin ini aku persembahkan untuk kelen yang selalu H-1 baru buka materi pas mau ujian (khususnya ujian statistika yes). Tos men! Dan disaat itu selalu ku membatin, ini aku ngapain aja dari kemarin. Materi UAS banyak banget tapi…. ga kucicil di minggu tenang sebelumnya. Again! Manusia makes fall.

Selain itu. “Jangan mencicil” disini means pencitraan. Haha. Lucu yah. Disaat udah belajar lebih lama dan lebih rajin selalu dibilang, belum ngapa2.

Stop! Stop! Sante gaes!
Emang gitu tau perilaku orang pinter yang akan selalu merasa kurang. Gausah ngrasa dengki dan menangis batin sama orang lain. Kita juga bisa heh buat eneg orang dari pencitraan ntu. BALES OI jangan mau teraniaya mulu denger pencitraan dimana-mana haha.

Inget lagi deh. Itu semua salah kamu ga sih? See it. Disaat masih banyak waktu tersedia, kamu justru sibuk dengan kegiatan yang sekiranya ga penting. Terus disat temen tsb udah berhasil memerangi kondisi batinnya sendiri dengan belajar giat, malah kamu nyinyir.

Your probability to be a winner will be bigger if you focus to win not to beat.


Nah itu lah bagiku sedikit saran dan tips menghilangkan stress statistika ala statistisi (baca. Me). Emang sih kayanya cuma sekilas doang dan kalau dibahas kayanya sampe pagi ke pagi lagi. Kapan-kapan ajade, kuposting di tulisan berikutnya. Pokonya kalau merasa kurang, boleh tengok tulisan sejenis lain lagi nih tentang alasan muncul –nya strees di usia muda (klik disini). Kalau kurang lagi.. googling ajade hehe.. Semoga bermanfaat aja sih. Kalau ada punya unek-unek bisa kamu cantumin di kolom komentar.

Ayo berbagi 😍

Dan semangattt ujiaaaan ya kamuuu dan BELAJAR STATISTKA OI! Serta jangan lupa berdoa dan mintakan doa restu kedua orang tua di tiap kegiatan. Cayooo! Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar