Follow Us @soratemplates

7 Mei 2019

1 dan 2: Evaluasi Mutabaah Ramadhan

RAMADHAN 1440 H
HARI KE-1+KE- 2

Assalamualaikum Wr. Wb.
Oke, ini memang sudah bukan hari pertama Ramadhan 1440 H (ngejar deadline skripsi #eh), tapi Alhamdulillah barusan menemukan artikel inspiratif banget tentang Evaluasi-Mutabaah Ramadhan dan salah satu evaluasinya adalah menulis 1 artikel kebaikan sehari. Waduh hati langsung ngerasa iyaya kok engga kepikiran! Tulisan ini juga bukan mengejar challenge Ramadhan nulis 1 hari 1 artikel or even baca 1 buku sambil nunggu ngabuburit manja. Pengen nulis aja. Semoga bermanfaat ya buat teman-teman pembaca!

Ramadhan 1440 H yang jatuh pada hari Senin kemarin (5 Mei 2019), sukses membuat sebagian orang terkaget kaget how fast the time flies! Rasanya baru saja kemarin puasa Ramadhan 1439 H tapi kemarin sudah mulai Ramadhan lagi. Hayo sudah seberapa jauh kita melangkah, perubahan apa yang sudah dilakukan, atau perkembangan apa yang bisa kita  banggakan?! Ini nampar ke diri sendiri juga sih. Jadi entah kesambet apa, pagi tadi iseng cari excel atau sejenisnya buat diprint dan diisi tentang evaluasi Ramadhan tahun ini, apa yang sudah dilakukan, sejauh mana dari target. Ya masa dong, Ramadhan tahun ini masih sama aja kaya tahun kemarin. Malu dong.

Alhamdulillah terus menemukan artikel yang keren banget buat evaluasi Ramadhan. Kalau aku searching di Google memang (mungkin) sih jarang-jarang yang share list Ramadhan gitu-gitu deh. Atau memang pencarianku yang terbatas. Atau kebanyakan mungkin berbentuk aplikasi Android. Yah maklum, memori udah mulai terbatas juga dan ingin membatas interaksi dengan handphone mau bagaimana lagi kemudian pilihan jatuh pada file Excel yang bisa dibuka dan dilakukan monitoring setiap hari. Sekaligus kalo buka laptop pasti bawaannya produktif kan. Nulis kek. Bukan searching hal-hal yang ga faedah loh ya.

Lalu, kembali ke bahasan kita kali ini.
Berawal dari searching asal aja tentang evaluasi ramadhan terus menemukan blog ini nih: klik!

Oke kita fokus ke program evaluasi ramadhan-nya yah.
Aplikasi berikut file excel buatan pak Faris Robbanie ini memang menurutku juaranya sih. Bukan hanya karena target dan penempatan kotak-kotak dalam excelnya yang super rapih, tapi juga penampilan statistik nya (diagram, persentase) itu loh juga gak kalah sedap dipandang mata #maklum anak statistik. Jadi file excel ini terbagi menjadi 7 sheets yang berisi antara lain 2 sheets instruksi dan keterangan tentang excel-nya (abaout me), juga ada 5 sheets sisanya tentang target dan rekapitulasi serta sheet tentang detail hari Ramadhan kita. Jadi intinya ada 5 sheets penting itu tadi, ada ekspektasi/harapan dan kenyataan. Nah untuk melihat eror yang merupakan selisih antara ekspektasi dengan kenyataan, bisa dilihat di sheet Rekapitulasi (meskipun bisa sih di sheet detail untuk harian di masing-masing sheet harian selain sheet target dan rekapitulasi tadi deh gampangnya).

Excel ini juga bukan excel sembarangan loh! Jadi cukup ada beberapa area yang bisa diklik dan diedit sesuka hati. Edit dengan berapa sih target yang pengen kita kejar dan edit berapa kenyataan yang sudah kita kerjakan selama hari ini misalnya. File size dari excel ini juga gede-gede banget, hanya 161 kb! Santai lah dibawa di laptop mah. Jadi ini buat teman-teman yang penasaran sama penampakannya:

Gambar. Sheet Target

Sheet target menampikan nama kegiatan yang ditargetkan untuk dilaksanakan dan frekuensi target yang mesti dikerjakan, lengkap sama satuannya. Ada rekaat, halaman, kali, ribu rupiah. Nih ya aku kasih tau 15 target pentingnya yang relate banget sama target kita juga kok.


  1. Shalat Duha, Tarawih, Witir dan shalat sunnah lainnya (Rawatib)
  2. Dzikir Al-Ma’tsurat
  3. Infaq
  4. Baca buku/artikel
  5. Alquran (baca, hafal dan mengulang)
  6. Silaturrahim dan Ifthor Jam’I (buka bersama)
  7. Kajian
Berikutnya, masuk ke sheet selanjutnya adalah detail harian yang terbagi menjad 3 sheets yaitu 1-10 hari, 11-20 hari dan 21-end. Gini nih penampilannya.

Gambar. Sheet Detail Harian

Keliatan kompleks, rumit, tapi engga juga loh karena kita cuma perlu input angkanya aja dan abracadabra persentase dan grafik langsung berubah di hadapan anda!


Lanjuuuuuuut!
Sheet terakhir yang penting adalah rekapitulasi. Yap, isinya adalah total pencapaian antum udah ngapain aja selama Ramadhan 1440 H ini. Disini bener-bener evaluasi banget buat perbaikan Ramadhan selanjutnya dan untuk melihat sejauh mana perkembangan dibandingkan Ramadhan sebelumnya.


Gambar. Sheet Rekapitulasi


Jadi, masih mau menyia-nyiakan bulan suci Ramadhan? Ayo. Go get and grab it!
Link artikelnya : klik!
Link download : klik!
Sosial Media yang punya (pak Faris Robbanie) : klik!

Semoga bermanfaat ya! Semangat puasa teman-teman!! Cayoo~

1 komentar:

  1. Assalamu;alaikum,
    afwan
    untuk lani2 bisa diganti namnaya ga ay? saya ko kesulitan ya

    BalasHapus